Senin, 23 Mei 2016

Arti sukses

SUKSES MENURUT SAYA

5 hal penting dalam berjuang yakni:
ü Niat
ü Miliki ilmunya
ü Tekad yang kuat
ü Strategi yang terarah
ü Kedekatan pada Allah
“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR.Bukhari Muslim).
 Menuntut ilmu adalah kewajiban kita sebagai umat islam. Menuntut ilmu harus diamalkan dan bertindak tanpa ilmu seperti berjalan dikegelapan. Belajar itu tiada akhir, dari buaian ibu hingga ke liang lahat.
“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akhirat hendaklah diraih dengan ilmu.” (imam syafi’i).
Percaya diri adalah salah satu hal yang terpenting. Tuhan telah memberikan anugerah yang luar biasa kepada umatnya. Hanya terkadang manusia tersebut tidak menyadari bahwa dirinya mempunyai potensi sehingga sering muncul rasa kurang yakin terhadap dirinya sendiri.
Kerja keras dan disiplin memang tidak mudah tapi bisa dilakukakan. Karena setiap usaha yang baik pasti akan mendatangkan hasil yang baik pula. Namun jika sudah bekerja keras serta disiplin ternyata anda masih mendapatkan hasil kurang memuaskan, maka jangan berkecil hati. Jika hasil itu tidak tampak sekarang maka dikemudian hari anda pasti mendapatkannya.
 Ada lahir dan batin pada diri manusia. Dengan lahir kita berusaha dan dengan batin kita berdoa. Segala sesuatu yang kita dambakan tidak bisa diraih dalam sekejap, karena seandainya bisa kita tidak tahu rasanya berjuang. Terkadang apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, tapi percayalah Tuhan tahu apa yang lebih kita butuhkan dan mampu memberikan yang terbaik untuk hambanya.
Sikap anda menentukan posisi anda maksudnya adalah pola berpikir dan kebiasaan baik. Pikiran positif tidak menjamin kesuksesan, tetapi dengan pikiran positif peluang sukses jauh lebih besar. Kembangkan keberanian untuk sukses. Keberanian bukan berarti tidak adanya rasa takut. Keberanian berarti bertindak meskipun merasa takut dan bertahan demi keinginan untuk sukses. Rasa takut itu akan lenyap, karena rasa takut itu hanya kondisi pikiran dan jangan biarkan rasa takut mengendalikan anda. Jangan takut terhadap pesaingmu dan hormati mereka.  Bisa karena terbiasa dan target anda adalah terbiasa untuk bisa.

Kita harus menanam sebelum menuai. Semakin banyak yang kamu tanam semakin banyak pula kamu menuai. Kebiasaan anda akan menghancurkan atau mengembangkan anda. Kebiasaan anda akan membawa pada kesuksesan atau kegagalan. Dengan siapa anda berhubungan dan kebiasaan menentukan hasil. Manfaatkan kesempatan, karena kesempatan itu seperti gelombang. Anda harus mulai mendayung untuk menangkapnya jika tidak anda akan ketinggalan. Belajarlah dari kesalahan atau kegagalan karena dibalik semua itu kita mendapatkan pengalaman untuk bersikap lebih baik kedepannya.
Hidup manusia di dunia tidak lepas dari peluang dan resiko. Orang hebat berani mengambil resiko. Resiko adalah konsekuensi logis dari pilihan kita untuk menangkap setiap peluang. Resiko hanyalah akan berakibat dua macam : be a good or a great day.
“Mereka yang tidak punya keberanian untuk mengambil resiko tidak akan mencapai apapun dalam hidupnya.” (Muhammad Ali).
Manajemen waktu (menghargai waktu atau mengatur waktu) agar hidup kita lebih efektif dan efisien serta berdaya guna secara optimal dari setiap potensi yang kita miliki dan hidup kita lebih teratur dan terencana. Keberhasilan bukanlah suatu keberuntungan semata. Keberhasilan merupakan suatu yang harus direncanakan dan direalisasikan dengan sekuat tenaga. Waktu mengalir bak air yang tidak dapat dibendung dan tidak dapat pula di tabung. Yang perlu kita lakukan adalah mengalokasikan waktu tersebut untuk sejumlah kegiatan dan mengontrolnya agar penggunaannya sesuai dengan yang kita rencanakan, sehingga tidak ada waktu yang berlalu atau terbuang tanpa kita sadari.
“jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu,” (Ibnu Umar bin Khattab)
            Profesionalisme adalah yang paling utama. Lance Amstrong pernah berkata, “there are two kinds of days.” Hanya ada dua macam hari: hari yang baik dan hari yang sangat baik. Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh, walaupun suatu hari nanti kita kita akan jatuh dan gagal, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan sehingga tidak terulang dikemudian hari.
            Kita harus proaktif. Orang yang hanya diam saja dan menganggap kesuksesan akan datang sendiri adalah orang yang tidak akan sukses. Orang yang berhasil itu adalah orang yang terus action mencoba berbagai cara untuk bisa menjadi orang sukses. Mungkin dalam satu kali percobaan anda gagal tetapi pada percobaan berikutnya anda bisa saja berhasil. Actionlah terus menerus !
“kalau mau pandai belajarlah, kalau mau kaya bekerjalah, kalau mau bahagia mencintailah dengan setia.” (Mario Teguh)
Kreasi dan inovasi. Beda dari yang lain merupakan nilai tambah yang mampu dijual. Kreatifitas sering didefinisikan “thinking New Thing” dan inovasi “Doing New Thing”.
Allah yang menentukan, namun kita harus mampu mengubah diri sendiri. Banyak orang mengeluh dengan kondisinya, menginginkan sesuatu tetapi belum tercapai, dan tidak ada peningkatan dalam hidupnya. Tetapi tidak mau berubah. Berubahlah menjadi lebih baik. Mulai dari pola pikir, kemampuan, target-target dan ilmu juga.
“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya.” (QS. AR-Rad : 11)
            Harus mampu hidup mandiri tidak bergantung dengan orang lain, mampu memberikan keputusan terhadap suatu masalah dalam usahanya.
Membangun pribadi pantang menyerah (tangguh) pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpahnya. Menganggap sesuatu yang terjadi itu sebagai segi positif. Yakin bahwa skenario Allah itu tidak akan meleset sedikit pun. Pribadi yang memiliki kemampuan bersyukur apabila mendapatkan sesuatu dan selalu bersabar jika mendapati sesuatu yang tidak diharapkannya. Pribadi yang memposisikan bahwa setiap kejadian yang menimpahnya adalah atas izin dan kehendak Allah. Pasrah dan selalu berusaha untuk bangkit dengan cara mengambil pelajaran dari setiap kejadian tersebut.
“Bersemangatlah kamu terhadap apa-apa yang bermanfaat bagi kamu, dan mohonlah pertolongan pada Allah dan jangan merasa lemah (pantang menyerah.”


By: Veni Izatul Fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar