Kamis, 03 September 2015

Makanan Khas Lamongan

1. Soto Lamongan

Ciri khas soto lamongan ini yaitu warnanya kuning berminyak ditambah aneka rempah di dalamnya. Soto ini dikenal dengan kuahnya yang kuning bening yang dibuat dengan menggunakan bumbu halus yang terdiri atas bawang putih, merica, ketumbar sangrai, kemiri sangrai dan kunyit. Dari sinalah tercipta kuah soto lamongan yang gurih dan khas. Dalam soto ini terdapat suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, dan irisan telur telur ayam. Biasanya soto lamongan ini juga ditambahkan ceker ayam, kulit ayam dan sayap ayam untuk menambah kesan menariknya Soto Lamongan ini. Dan yang menjadikan Soto Lamongan punya cita  rasa yang khas dengan ditambahkannya serbuk koya yang gurih.

2. Nasi Boranan Lamongan
Nasi boranan atau sego boranan ini merupakan makanan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, bumbu, lauk, rempeyek (sejenis krupuk bahan bakunya dari tepung beras yang dibumbui dan digoreng). Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan, serta lauk yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe. Nasi ini disajikan biasa dijajakan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota di Kabupaten Lamongan.

3. Tahu Campur Lamongan

Tahu campur khas lamongan ini yaitu makanan yang terdiri atas sayuran berupa daun selada dan kecambah (toge) dipadukan dengan tahu, lontong, dan perkedel ketela pohon, bihun, serta daging sapi. Makanan khas tahu campur disajikan dengan kuah yang telah dicampur dengan petis udang.


http://makananindonesia-top.blogspot.co.id/2014/10/5-makanan-khas-lamongan-yang-terkenal.html


Budaya khas Lamongan

Tari Caping Ngancak adalah salah satu tarian tradisional Kabupaten Lamongan. Tarian ini menggambarkan tentang petani yang beraktifitas di sawah mereka, dari mulai menanam padi sampai mereka mendapatkan panen. Layaknya petani, para penari juga mengenakan 'Caping' atau topi khusus yang biasa dikenakan petani saat pergi ke sawah.http://www.eastjava.com/tourism/lamongan/ina/culture.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar